Setiap perusahaan pasti akan fokus pada bagaimana meningkatkan penjualan dan mengurangi pengeluaran untuk mencapai keuntungan yang tinggi. Teknologi, tentu saja, merupakan suati hal yang dapat membantu. Pertanyaannya adalah, teknologi apa yang bisa membantu tercapainya hal terrsebut?

VoIP (Voice Over Internet Protocol) merupakan teknologi lama yang terus dikembangkan dan akhir-akhir ini mencapai tingkat dimana implementasinya sudah sangat mumpuni. Sehubungan dengan bisnis, tidak dapat dipungkiri bahwa “intinya, bisnis ada penjualan, dan penjualan selalu berhubungan dengan komunikasi”. Teknologi VOIP, dengan IPPBX dan IPPHONE, dikombinasikan dengan SIP TRUNK, merupakan salah satu kunci peningkatan penjualan melalui teknologi.

Kalau dulu penggunana VoIP lebih diutamakan pada penghematan biaya (lihat artikel ini), maka saat ini VoIP juga digunakan untuk meningkatkan penjualan serta memperbanyak jumlah pelanggan.

Berikut ini 4 hal yang dipermudah dengan adanya VoIP.

1. Membuka Peluang Penjualan

Saat perkembangan online shopping semakin menjadi-jadi, maka dibutuhkan pula backend yang handal untuk dapat menghandle semua request yang masuk melalui komunikasi. Dengan teknologi VOIP yang sudah berbasis digital, penambahan jumlah customer service sangat dimudahkan dengan penambahan unit IPPHONE tanpa harus menggelar infrastruktur yang besar.

Selain itu, dengan PBX berbasis IP, dimungkinkan untuk meletakkan “Click-to-Call” di setiap website sehingga user tidak perlu mengangkat telepon untuk menghubungi. Ini berarti kemudahan di sisi cusotmer dan kemungkinan untuk mendapatkan penjualan menjadi lebih tinggi.

2. Mobilitas Tinggi

Teknologi VoIP memungkinkan setiap orang bekerja dimana saja, selama terhubung ke Internet. Dengan demikian, sangat mudah untuk menerima setiap request meskipun sales tidak berada di kantor (saat berada di lapangan). Hal ini tentu saja akan meningkatkan kemungkinan dihubungi oleh calon pelanggan.

3. Komunikasi Antar Kantor

Dengan maraknya penggunaan Internet, tentu saja teknologi VoIP yang berjalan di atasnya dapat dengan mudah menghubungkan kantor pusat dan kantor cabang, menghubungkan kantor dan gudang, menghubungkan gudang dan toko, dll tanpa harus menggunakan pulsa konvensional.

Dengan teknologi berbasis IP, maka selama alamat IP dapat terhubung, artinya proses komunikasi/telepon dapat dilakukan dengan menggunakan data saja, tanpa harus melalui operator.

4. Suara yang lebih jernih

Ucapakan selamat tinggal pada suara kresek-kresek yang dulu sering kita dapatkan saat kualitas kabel terganggu. Dengan teknologi IPPHONE, maka koneksi data hanya berjalan bila kualitas kabel memadai, artinya bila ada gangguan maka bisa dipastikan kabel nya harus diganti. Apakah harus diganti mulai dari telepon sampai ke PABX? Jawabannya TIDAK. Karena komunikasi melewati Hub/Switch/WiFi, maka hanya sebatas itulah kabelnya harus diperiksa.

Bagaimana dengan masalah bandwidth? Konon diperlukan bandwidth yang besar supaya tidak ada delay. Teknologi encoding terbaru memungkinkan kita melakukan komunikasi telepon dengan bandwith sekecil 64kbps, lebih dari cukup bahkan untuk koneksi broadband sekalipun.

Demikianlah sedikit dari benefit VoIP untuk meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya sehingga dapat tercapai peningkatan profit.

Bila Anda memerlukan bantuan untuk pemilihan, pemasangan, dan bantuan dalam komunikasi VoIP, jangan ragu menghubungi kami :

PT. Taurus Sampai Tuntas
Spazio Office Suite 5th Floor
Telp : 031 3317 5758
Email : sales@taurus.co.id

Chat dengan Taurus
💬 Need help?
Hai, ada yang bisa admin bantu?